ADA BEBERAPA HAL YANG HARUS ANDA PIKIRKAN SEBELUM MENGGANTI RANTAI MOTOR

Membuat sepeda motor kamu tetap prima, kamu harus melakukan perawatan dan servis yang dilakukan 1 bulan 1 kali bila sepeda motormu dipakai sehari – hari. Ada beberap komponen yang tidak boleh dilewatkan untuk diperhatikan.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah gir dan rantai. Bagi pengguna sepeda motor matic hal ini tidak terlalu perlu dipusingkan. Beda lagi dengan pengguna sepeda motor sport dan bebek yang masih mengunakan gird dan rantai untuk menggerakan motornya.

Karena berperan penting membuat sepeda motor tetap bisa berjalan sehingga kedua gir dan rantai tidak bisa dianggap sepele. Jangan sampai gir dan rantai bermasalah, seperti gir yang berbunyi, rantai kendor dan los karena pasti akan berpengaruh dalam perjalanan kamu. Merawat gir dan rantai merupakan salah satu cara untuk mengehemat biaya pengeluaran kamu.

Sayangnya masih banyak pengendara yang acuh tak acuh dengan 2 komponen ini. Jadi, sebelum kamu mengalami kerusakkan motor saat di tengah perjalanan akibat gir dan rantai yang bermasalah, berikut ciri – ciri yang kamu harus tahu kalau ingin mengganti 2 komponen ini :

  1. KONDISI GIR

Kamu perlu memperhatikan kondisi gir. Ada tanda – tanda yang harus diperhatikan bila gir harus diganti. Kamu bisa melihat dari ujungnya yang sudah lancip, lekuknya mulai dalam dan berwarna gelap, serta lebar lekukan dan sudut tajam mulai tidak sama. Nah, tanda  tanda inilah yang menunjukkan bahwa gir aus karena bergesekan dengan rantai.

  1. MERASAKAN MOTOR

Saat kamu berkendara coba rasakan motor kamu karena dengan begitu kamu bisa merasakan apakah gir dan rantainya harus diganti atau tidak. Caranya adalah dengan berjalan pelan atau memutar handel gas dengan pelan saat digantung dengan standar rendah. Jika kondisi rantai tidak baik ditandai dengan rantai terlihat kendor, lalu mengencang yang mengakibatkan putaran roda tidak stabil. Hal itu dikarenakan sil penghubung antar mata rantai sudah getas karena kurang perawatan atau bagian dalamnya sudah banyak yang aus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Infoterkini © 2017 Frontier Theme