Kata yang wajib orang tua kenalkan pada anaknya

Kata yang wajib orang tua kenalkan pada anaknya – Bahasa adalah sarana komunikasi dasar yang harus dimiliki oleh semua makhluk hidup. Tidak terkecuali manusia walaupun dia masih berusia dini. Untuk itulah banyak orang tua mengajarkan kepada anak bahasa- bahasa baru yang harus dikuasai anak.

Tapi kemudian muncul sebuah pertanyaan; bahasa atau kata apa saja yang wajib diajarkan kepada anak sedari dini? Melihat perkembangan jaman yang semakin maju, para orang tua pun kemudian mulai mengajarkan bahasa inggris kepada anak- anaknya sedini mungkin dengan alasan anak lebih cepat mempelajarinya dibandingkan dengan orang yang lebih dewasa darinya.

Namun walaupun yang terjadi seperti itu, pendapat dari Roxana A.Soto yang merupakan salah satu editor dan pendiri dari SpanglishBaby.com, menyatakan bahwa peyerapan bahasa pada anak tidak terjadi semudah yang para orang tua pikirkan. Karena selalu ada proses yang harus dilalui.

Untuk menjawab kebingunan yang terjadi tentang bahasa, berikut bahasa wajib yang harus orang tua kenalkan kepada anaknya:

  1. Bahasa ibu

Bahasa ibu atau bahasa sehari- hari adalah bahasa yang harus diajarkan kepada anak untuk pertama kalinya. Hal ini karena akan memudahkan anak bisa berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya yang berkomunikasi dengan bahasa ibu. Anak yang menggunakan bahasa ibu akan lebih cepat berkembang karena tidak memiliki kendala ketika bergaul dengan teman- teman sebayanya di lingkungan rumah. Pengenalan bahasa ibu bisa dilakukan oleh orang tua pada dua tahun pertama usia anak sampai dengan anak bisa merangkai kalimat dengan bahasa ibu tersebut.

  1. Bahasa kedua

Saat ini banyak orang tua yang sudah memberikan pelajaran bahasa kedua atau bahasa asing kepada anaknya. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Hanya saja jika tidak dilakukan secara bertahap dan konsisten, anak mungkin akan mengalami kebingungan untuk menggunakan bahasa yang mana saat berkomunikasi dengan lingkungannya. Walaupun masalah ini hanya masalah waktu untuk terselesaikan, namun setidaknya kebingunan penggunaan bahasa sehari- hari dan bahasa pengganti akan menjadikan anak sulit berkomunikasi dan belajar dari lingkungan sekitarnya.

  1. Kata dengan konotasi positif

Poin ini tidak membahas bahasa mana yang lebih penting untuk diajarkan kepada anak. Bahasa ibu atau bahasa kedua? Karena yang terpenting adalah kita harus mengenalkan anak dengan kata- kata yang berkonotasi positif. Ajarkan anak untuk mengatakan ‘tidak’ dibandingkan dengan ‘engga’ atau ‘kagak’. Hal ini penting karena diwaktu mendatang anak diharapkan bertutur kata yang baik dan benar dan mudah dipahami oleh lingkungan sekitarnya.

  1. Bukan bahasa gaul

Walaupun lingkungan selalu dapat memberikan perkembangan kepada anak kita, namun terkadang lingkungan tempat anak biasa bermain juga mampu memberikan dampak negatif  yang tidak kita inginkan terjadi kepada anak. Katakanlah seperti dikenalkannya anak dengan bahasa- bahasa yang tidak seharusnya dia kenal. Disinilah peran penting orang tua untuk kembali menetralisir pengetahuan apa yang sudah didapatkan anak dari lingkungannya. Dan satu hal yang penting adalah  jangan pernah menganggap lucu kata- kata kasar atau kotor yang keluar dari mulut anak. Karena sejatinya anak tidak tahu apa yang dikatakannya dan sepanjang itu dapat menarik tawa orang disekitarnya, anakpun akan merasa bahwa kata yang dikeluarkannya adalah kata yang benar dan harus terus dikeluarkan.

Itulah beberapa bahasa yang bisa diajarkan kepada anak sejak usia dini. Orang tua sangat berperan aktif dalam pendidikan anak sedari dini ini terlebih saat anak sedang berada dalam masa Golden Age dimana dia akan menyerap segala hal yang ditemuinya dan menjadikannya bekal untuk masa depannya. Bahasa adalah langkah awal anak untuk mengenal dunia yang lebih luas lagi. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : ADA BEBERAPA HAL YANG HARUS ANDA PIKIRKAN SEBELUM MENGGANTI RANTAI MOTOR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Infoterkini © 2017 Frontier Theme