Manfaat dan Kandungan Kelembak Untuk Pewangi dan Pengobatan

Manfaat dan Kandungan Kelembak Untuk Pewangi dan Pengobatan – Tumbuhan kelembak atau bagi kebanyakan orang sering disebut sebagai klembak merupakan salah satu jenis tumbuhan obat yang sangat dikenal cukup luas di kalangan masyarakat. Tumbuhan jenis ini yang memiliki nama latin Rheum officinale. L pada umumnya hidup di dataran tinggi serta tempat yang bersuhu dingin seperti di daerah pegunungan. Tumbuhan tersebut juga dapat dikenali dari bunganya yang berjumlah majemuk serta berwarna putih diikuti dengan daun berukuran sangat lebar dengan bagian tepi daun yang bergerigi. Tumbuhan kelembak ini terlihat seperti tumbuhan terong akan tetapi tumbuhan ini memiliki ukuran yang lebih tinggi.

Tumbuhan kelembak selain dikenal sebagai tumbuhan obat, tumbuhan ini juga mempunyai aroma yang cukup wangi sehingga tumbuhan ini juga digunakan sebagai pewangi alami. Bagian-bagian tumbuhan kelembak yang juga biasa digunakan sebagai obat antara lain batang, daun, dan juga akar. Berbagai macam manfaat pengobatan daripada tumbuhan ini mampu dihasilkan dari berbagai kandungan senyawa kimia alami yang dimiliki oleh tumbuhan ini seperti krisofanol,  flavonoid, reumemodin, rafontisin, glikosida, frangula-emodin, polifenol, saponin, dan antra-glikosida. Nah, sekarang apa saja manfaat daripada tumbuhan kelembak ini? Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa kalian didapatkan dari tumbuhan kelembak :

  1. Mengatasi Sembelit

Tumbuhan kelembak ini sangat terkenal sebagai tumbuhan pencahar yang mampu membantu mengatasi sembelit / susah buang air besar. Hal tersebut dikarenakan sifat laksatif atau pencahar yang dimiliki oleh tumbuhan ini yang sangat baik dalam mengatasi sembelit sehingga pergerakan kotoran di usus kalian akan lebih cepat dan lancar. Bagian tumbuhan yang digunakan untuk mengatasi sembelit yaitu akar dan batang yang direbus dan kemudian air rebusannya diminum.

  1. Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah atau yang dikenal dalam istilah kedokteran yaitu hipertensi merupakan suatu parameter kesehatan yang perlu dijaga agar tetap stabil. Tekanan darah yang meningkat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan jika dibiarkan, hal tersebut dapat membahayakan. Ada sangat banyak tumbuhan obat yang bisa dimanfaatkan guna menurunkan tekanan darah salah satunya adalah tumbuhan kelembak.

  1. Mengatasi Penggumpalan Darah Dalam Tubuh

Penggumpalan darah yang terjadi di dalam pembuluh darah adalah suatu kondisi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kalian. Lain hal apabila terjadi pada permukaan kulit yang mengalami luka dimana tumbuhan ini sangat bermanfaat untuk menghentikan pendarahan. Penggumpalan darah bisa juga terjadi karena berbagai faktor diantaranya merokok, kurang bergerak, kondisi hamil, cedera, dan lain-lainnya. Maka dari itu, untuk mengatasinya kalian dapat menggunakan atau meminum air rebusan daripada tumbuhan kelembak ini.

  1. Melancarkan Menstruasi

Jika menstruasi atau haid yang kalian alami tidak teratur, maka tumbuhan kelembak ini dapat juga dijadikan alternatif pengobatan. Jika kalian mengonsumsi air rebusan akar dan daun kelembak, maka masalah menstruasi yang tidak teratur dapat mudah kalian diatasi.

  1. Membantu Mengatasi Diare

Akar daripada tumbuhan kelembak ini dikenal bersifat bitter stomatchic yang merupakan suatu istilah yang ditujukan pada makanan-makanan yang memiliki manfaat untuk menyehatkan, mengencangkan, serta memperbaiki fungsi perut. Tumbuhan kelembak ini juga mempunyai efek astringent yang mampu membantu dalam mengerutkan selaput lendir pada usus agar dapat mengurangi pengeluaran cairan dari usus. Hal tersebut dapat  menjadikan kelembak dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi diare.

  1. Dijadikan Pewangi

Selain berkhasiat sebagai pengobatan, tumbuhan kelembak ini juga mempunyai aroma yang wangi sehingga tumbuhan ini juga dimanfaatkan masyarakat kebanyakan sebagai pewangi alami seperti pewangi pakaian. Bagian yang digunakan sebagai pewangi alami ini adalah bagian akar nya tumbuhan kelembak.

Baca Juga : Karya Seni Paling Mengesankan Yang Terbuat dari Barang Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Infoterkini © 2017 Frontier Theme