Solusi Terbaik Bila Anak Anda Susah Mengkonsumsi Sayur

Solusi Terbaik Bila Anak Anda Susah Mengkonsumsi Sayur – Tak dapat dipungkiri lagi sayur merupakan sumber vitamin dan nutrisi bagit ubuh. Kandungan alami yang terkandung di dalamnya dapat mengoptimalkan fungsi organ-organ dalam tubuh dan memperkuat system imun. Maka, sayur mutlak perlu untuk dikonsumsi secara teratur.

Namun, tak sedikit anak-anak yang membenci sayur. Alasannya beragam, ada yang mengeluhkan rasanya yang tak lezat sampai membandingkannya dengan kelezatan makanan cepat saji yang memang menggugah selera.

Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mendorong anak Anda agar gemar mengkonsumsi sayur.

  • Berikan Contoh;

Sejauh ini kebiasaan anak untuk melakukan apapun termasuk makan adalah hasil dari meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orangtua nya. Jika sayur dan makanan sehat bergizi lainnya merupakan tradisi di rumah Anda, anak akan selalu mengingat itu dan membawanya ke kebiasaan sehari-hari.

  • Buat Kegiatan Makan Sayur sebagai Kegiatan yang Menyenangkan;

Anak-anak sangat gemar bermain dan melihat sesuatu yang menarik di hadapan mereka. Sayur brokoli dapat terlihat sangat menakutkan bagi seorang anak yang mengharapkan keju untuk disantap.

Namun, jika ia merasa sebagai seekor dinosaurus yang harus menyantap 5 pohon, hal tersebut akan jauh lebih menarik baginya. Buat kegiatan makan sayur sebagai permainan yang mengasyikan dan tidak menakutkan

  • Ajak Mereka Menyiapkan Makanan;

Anak-anak akan lebih menyenangi sebuah makanan jika mereka juga turut ambil bagian dalam proses memasak dan menyiapkannya. Ajak anak Anda kepusat pembibitan sayuran atau ke pasar sayuran dan biarkan mereka memetik dan memilih sendiri sayuran yang mereka senangi.

Hal tersebut akan menimbulkan perasaan gembira dan intensi yang lebih untuk makan sayur. Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan mereka untuk menanam sayur sendiri di kebun rumah Anda sebagai kegiatan yang menyenangkan dan mengedukasi.

  • Paksa dengan Aturan “Satu Gigitan”;

Terkadang anak-anak menolak makanan karena mereka tidak yakin dengan rasa yang ditawarkan. Padahal, tidak semua sayuran memiliki rasa yang buruk. Paksa mereka dengan aturan “satu gigitan” yang mengharuskan mereka untuk merasakan sayur sebelum menilai kualitas rasa sayur tersebut.

  • Jangan Paksa untuk Menghabiskan dan Beri Penghargaan Apabila Berhasil Menghabiskan;

Memaksa anak untuk menghabiskan sayuran yang tidak mereka sukai bukanlah hal yang tepat. Hal tersebut akan berdampak pada kualitas makan yang buruk. Namun, cobalah untuk memberikan hadiah sederhana pada mereka apabila berhasil menyantap habis sayuran yang tersedia.

  • Hidangkan Sayur dengan Makanan Pendamping Lain yang Mereka Senangi;

Sayur sejatinya dapat diolah dan dihidangkan dengan makanan lain yang anak-anak senangi sehingga meningkatkan nafsu makan. Hidangkan sayur dengan parutan keju atau irisan daging dan telur akan menambah nafsu makan mereka untuk menyantap sayuran.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan ketertarikan anak Anda dalam mengkonsumsi sayur. Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Menyikapi dan Menangani Seseorang yang Memiliki Kepribadian Plegmatis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Infoterkini © 2017 Frontier Theme